BMKG : Sering Terjadi Gempa di Tenggara Tarakan

  • Whatsapp

TARAKAN – Pengamat atau observer gempa dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Balikpapan, Sucianty mengatakan, wilayah terjadi gempa 4,1 Skala Richter (SR) tadi malam tepatnya di Tenggara Tarakan, Kalimantan Utara. Lokasi itu menurut Sucianty memang sering terjadi gempa.
“Kalau di situ memang sering terjadi gempa bumi di wilayah itu. Kalau di Kalimantan wilayah Tarakan rawan gempa seperti gempa besar waktu itu (21 Desember 2015 berkekuatan 6,1 SR),” ungkapnya kepada benuanta.co.id.
Dijelaskannya, yang membuat rawan gempa karena Tarakan memiliki sesar Tarakan sendiri. Sedangkan di sekitar titik gempa diperkiraan masih merupakan terusan sesar poro-poro.
“Yang membuat rawan kalau di lautnya seperti terusan sesar poro-poro, kalau di Tarakan ada sesar Tarakan sendiri,” ujarnya.
Namun, lanjut Suci, di Balikpapan tidak ada laporan adanya dampak gempa di kedalaman 29 KM tersebut. Jika terjadi gempa, maka wilayah terdekat dengan titik gempa akan segera dikonfirmasi. Bahkan, dari masyarakat pun tidak merasakan adanya getaran gempa.
Dan alat pendeteksi BMKG Balikpapan tidak mencatat adanya gempa tadi malam. BMKG wilayah Manado yang mendeteksi adanya gempa 4,1 SR. Sehingga dari Manado menginformasikan ke BMKG Balikpapan.
“Di sini tidak ada, kan jauh, biasanya kalau ada gempa di sini kita langsung konfirmasi ke wilayah terdekat, kan gempanya tidak tercatat di alat kami, informasi dari Manado,” pungkasnya.(raz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *