Danny Pomanto Sebut Kawasan Kanre Rong yang Diinisiasinya Itu Gratis

  • Whatsapp
Kawasan kuliner Kanre Rong, Karebosi, Kota Makassar

MAKASSAR – Wali Kota Makassar periode 2014-2019,  Moh Ramdhan Pomanto menegaskan bahwa lapak di kawasan Kanre Rong Karebosi yang diinisiasinya saat masih menjabat tidak pernah disewakan dan diberikan kepada pedang kaki lima secara gratis. Setelah dilakukan relokasi.

“Kita hadirkan Kanre Rong ini untuk mengakomodir pedagang kaki lima yang dulunya merusak pandangan kita. Intinya itu tidak ada disewakan, itu gratis (Kanre Rong) ada perdanya,” ucap Danny Pomanto saat dihubungi, Selasa (15/9/2020).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Makassar Evi Aprialty mengatakan, jumlah lapak di Kanre Rong yang berkisar 220 unit itu diberikan secara cuma-cuma atau gratis, sesuai peraturan daerah (Perda)

“Untuk pemungutan biaya tidak ada, karena belum ada retribusi di Kanre Rong, kecuali parkir. Sesuai isi Perdanya itu gratis,” jelas Evi.

Ia mengatakan, hal itu dilakukan oleh pengguna lapak yang pertama atau orang yang namanya masuk dalam daftar waktu, penyerahan lapak pertama dari tiga Kecamatan yang pedagangnya direlokasi ke Kanre Rong.

“Mereka sudah lakukan sejak tahun 2019, sebelum saya kembali ke Dinas Koperasi. Nah inilah sehingga saya lakukan penertiban,” terang Evi.

Ia sempat menanyakan kepada pengguna pertama lapak, mengapa sampai ia tidak menggunakan lapaknya. “Alasannya mereka tidak punya biaya untuk jualan,” ucap Evi.

Mengenai jika nantinya ditemukan bahwa pengelola yang justru menyewakan lapak di Kanre Rong, Evi dengan tegas, bahwa itu pelanggaran dan dirinya siap melaporkan langsung hal itu ke aparat penegak hukum untuk diproses, karena telah bertentangan dengan Perda yang ada.

“Jadi pengelola dalam hal ini UPTD harusnya tidak ikut campur tangan soal itu. Kecuali teruntuk pemanfaatan lapak diantaranya mengatur tentang makanan jenis apa yang hendak dijual di lapak tersebut,” imbuhnya.(*)

 

Reporter: Akbar

Editor: M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *