KPU RI Tegaskan Siap Laksanakan Pilkada Serentak di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
Ketua KPU RI, Arief Budiman

KOMISI Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menegaskan tetap melaksanakan Pemilihan Kepala Darah (Pilkada) Serentak di bulan Desember 2020, meski di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan, bahwa beberapa tahapan di Pilkada Serentak telah dilaksanakan, sehingga tidak ada alasan untuk menunda kontestasi politik lima tahunan ini.

Bacaan Lainnya

“Anggaran kan sudah ditransfer, jadi Sekarang dalam proses pengadaan logistiknya, jadi jika melihat tahapan yang sudah dilakukan, itu kita sudah siap. Sampai saat ini KPU simpulkan siap melaksanakan Pilkada Desember 2020,” kata Arief Budiman, Selasa, (15/9/2020).

Untuk menghindari terjadinya penularan covid-19, kata Arief, proses Pilkada Serentak akan mengedepankan protokol kesehatan, mulai tahapan kampanye, debat kandidat, hingga hari pencoblosan, 9 Desember 2020.

“Ini menjadi tugas bersama kita, supaya pandemi menurun. Inikan masih bulan September, kita masih punya waktu, mudah – mudahan dengan semua menerapkan protokol kesehatan pandemi menurun, ” harapnya.

Pembatasan Massa Kampanye

Pada tahapan masa kampanye, KPU menrapkan pembatasan massa pendukung. “Metode kampanye sama dengan yang ada di pilkada sebelumnya. Tetapi pelaksanaannya harus menggunakan protokol kesehatan, jadi kampanye tetap ada, tapi jumlahnya paling banyak 100 orang,”¬†urainya

Kemudian pertemuan terbatas dalam ruangan, jumlahnya dibatasi 50 orang, begitupun debat kandidat. Menerapkan protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker, tidak diperbolehkan arak-arakan atau konvoi.

“Kalau ada kandidat melakukan itu, Bawaslu akan mengawasi dan mengambil tindakan. Kampanye berhenti itu pada masa tenang, tiga hari sebelum pencoblosan,” imbuhnya tegas.(*)

 

Reporter: Akbar
Editor : M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *