Lapas Makassar Rampungkan Jumlah Pemilih, KPU Menunggu Arahan dari Pusat

  • Whatsapp
ILUSTRASI

MAKASSAR – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Makassar mulai merampungkan data jumlah pemilih yang memiliki hak suara di Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang.

Kasie Registrasi Lapas Klas I Makassar, Yun Benyamin mengatakan, untuk saat ini jumlah warga binaan yang berdomisili di kota Makassar sebanyak 297 orang. Kata dia, untuk menyalurkan hak suara warga binaan  di Pilwali Makassar masih menunggu petunjuk dari penyelenggara terkait teknisnya.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah dipanggil wakil Kalapas, tapi data belum diminta. Tapi kami sudah punya datanya, yang penduduk Makassar itu 297 KTP dan 486 pendatang,” katanya saat dikonfirmasi via telpon Jumat (18/9/2020).

Hanya saja sejauh ini, kata Yun Benyamin, bahwa data tersebut belum final dan bisa saja bertambah. Maka untuk selanjutnya, pihak Lapas Klas 1 Makassar akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Kejaksaan.

“Nanti  teknisnya  apakah bisa tetap memilih atau bagaimana. Karena akan ada lagi penambahan dari Kejaksaan (jumlah warga binaan) yang di eksekusi. Jumlah (297 orang) baru sementara, kita masih tunggu jumlah pasti,” bebernya.

Terpisah, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar, Romy Harminto mengaku, pihaknya belum melakukan pendataan terhadap warga binaan di Lapas Klas 1 Makassar. Kendati masih menunggu arahan dari KPU RI.

“Sampai saat ini kami masih menunggu juknis (petunjuk teknis) dari KPU RI tentang pendataan di Lapas. Karna khusus untuk Lapas  ada mekanisme khusus,” imbuhnya.(*)

 

Reporter: Akbar

Editor: M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *