Bupati Gowa Berharap Petani Menjaga Kualitas dan Meningkatkan Produksi

  • Whatsapp
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Foto pemkab gowa

Gowa – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap terjadi peningkatan produksi pertanian di Kabupaten Gowa yang diikuti dengan peningkatan kualitas. Mengingat, bidang pertanian di kabupaten Gowa merupakan sektor unggulan.
Hal ini disampaikan Bupati Adnan usai menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional Pembangunan (Rakernas) Pertanian Tahun 2021 secara virtual, Senin kemarin (11/1).

“Pertanian terus menjadi sektor unggulan di Indonesia dan kita di daerah tentu harus membuat perencanaan yang matang dalam melakukan peningkatan produksi pangan sekaligus menjaga kualitasnya. Jadi, bukan hanya jumlahnya, tapi kualitas produknya juga harus kita jaga. Itu yang kita sudah perlahan – lahan jabarkan di Kabupaten Gowa, ” kata Adnan Purichta dikutip Selasa (12/1/2021).

Sebagaimana diketahui dalam pembukaan Rakernas Pertanian 2021, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan beberapa rencana yang akan dilaksanakan ke depannya.

“Dengan adanya perencanaan mekanisasi dan hilirisasi pertanian, kita harapkan aktivitas pertanian dapat dilakukan mulai dari hulu hingga ke hilir nantinya. Jumlah ekspor pertanian juga akan kita tingkatkan. Tentu kita harapkan dukungan dari pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur dan Bupati untuk merealisasikan rencana tersebut, agar tercipta pertanian yang maju, mandiri, dan modern di Indonesia”, ujar Syahrul dalam sambutannya.

Harapan agar sektor pertanian di Indonesia lebih maju lagi turut disampaikan Presiden Joko Widodo. Dalam kesempatan Rakernas Pertanian itu, Presiden Joko Widodo mengamini sektor pertanian dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi Indonesia. Apalagi sektor pertanian menempati posisi yang sentral di masa pandemi ini. Presiden juga memberikan penekanan yang serius pada ketahanan dan distribusi pangan.

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa untuk tetap dapat memenuhi pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia, maka pengelolaan yang berkaitan dengan pangan serta pembangunan pertanian harus kita seriusi secara detil dan menggunakan skala luas.

“Dalam mengatasi masalah yang terjadi saat ini kita harus membangun program pertanian yang berbasis economic of scale (skala luas), untuk itu kenapa saya dorong food estate harus segera diselesaikan,” kata Presiden Jokowi membuka acara Rakernas Pertanian 2021.(*)

 

Reporter : akbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *