Kasus Kebakaran di Tengah Pandemi di Makassar Menurun di Tahun 2020

  • Whatsapp
Kebakaran baru-baru terjadi di Makassar

MAKASSAR – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) kota Makassar mengungkapkan kasus kebakaran di tahun 2020 mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kabid Ops Damkar Makassar, Hasanuddin mengatakan bahwa penurunan kasus kebakaran  karena tingkat kesadaran masyarakat relatif tumbuh.

Apalagi sepanjang tahun 2020, kata Hasanuddin, masih diselimuti dengan adanya pandemi virus corona (covid-19) yang memaksa setiap orang lebih banyak beraktivitas dari rumah sebagai upaya menekan laju penularan covid-19. Sehingga upaya penanggulangan kebakaran dapat diantisipasi lebih awal di kawasan pemukiman.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah data kebakaran di tahun 2020 menurun. Bila dikaitkan dengan  pandemi corona virus  sangatlah signifikan penurunannya kebakaran di pemukiman. Itu disebabkan kebijakan pemerintah adanya work from home (bekerja dari rumah) dan adanya daring (belajar online) bagi pelajar dan mahasiswa yang berakibat semua aktifitas berkonsentrasi di rumah,” katanya, Kamis (14/1/2021).

Adapun data yang dihimpun dari Damkar Makassar, pada tahun 2018 ada 209 kasus kebakaran, kemudian mengalami kenaikan  di tahun 2019 sebanyak 305 kasus. Namun terjadi penurunan yang signifikan di tahun 2020, yakni 142 kasus.

Menurut Hasanuddin, peristiwa kasus kebakaran di tahun 2018, 2019 dan 2020 marak terjadi di kawasan pemukiman. Hal itu disebabkan berbagai aspek, mulai dari terjadinya  korsleting listrik, kompor gas  meledak hingga rumah yang ditinggal pemiliknya.

“Potensi terjadinya kebakaran pada pemukiman sering diakibatkan dari instalasi dan kompor di luar kendali manusia itu sendiri atau rumah ditinggal kosong. Apalagi rumah ditinggal disaat mudik hari raya, beryukur di tahun ini kebijakan pemerintah terkait pandemi covid  dilarang mudik,” Hasanuddin menandaskan.(*)

 

Reporter: Akbar

Editor: M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *