Tak Patuh Aturan, Pemkot Didesak Cabut Izin Holywings Club

  • Whatsapp
Razia yang digelar di Holywings Club di Jalan Metro Tanjung Bunga.

MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar didesak untuk segera melakukan penindakan tegas terhadap tempat hiburan malam (THM) Holywings Club di Jalan Metro Tanjung Bunga. Sebab THM tersebut diduga secara terang – terangan mengabaikan dan melanggar aturan pemerintah menyoal pembatasan jam operasional malam.

“Dengan melihat kejadian ini pemerintah  harus bertindak tegas, kalau bisa cabut izinnya sebagai efek jera. Dan ini juga bisa menjadi pelajaran kedepannya untuk pengusaha  yang bandel,” Kata Legislator DPRD Makassar, Nunung Dasniar, Kamis (14/1/2021).

Bacaan Lainnya

Nunung Dasniar menilai jika pemerintah  tidak tegas dalam memberi sanksi kepada Holywings Club, patut dicurigai adanya kongkalikong antara pemerintah kota dan pihak THM yang melanggar.

“Patut masyarakat curiga ada apa di antara  pemerintah dengan pihak Holywings.  Kita ini harus memberikan contoh yang baik ke masyarakat dan pemerintah jangan tebang pilih dalam menerapkan kebijakan. Inilah aturan pasti ada yang dirugikan dalam aspek-aspek tertentu. Tapi bukan berarti peraturan harus dilanggar,” katanya wakil ketua Komisi A DPRD Makassar ini.

Desakan pencabutan izin  Holywings Club juga disampaikan  Anggota DPRD Kota Makassar, Rachmat Taqwa Quraisy. Dia meminta pemerintah kota tidak tebang pilih dalam melakukan penindakan bagi pelaku usaha yang melanggar ketentuan. Sebab kebijakan jam operasional malam  yang dikeluarkan pemerintah kota Makassar turut berdampak ke semua sektor usaha.

“Maka tentunya harus diberikan sanksi dengan tegas. Apa lagi sudah sering bermasalah, Pemkot atau Dinas terkait mestinya harus tegas menjalankan aturan yang sudah dibuat, sehingga penerapan jam malam itu akan lebih efisien dilaksanakan,” harap  Rachmat Taqwa Quraisy.

“Cabut aja izinnya, kasihan warung makan dan usaha-usaha kecil lainnya seperti pedagang Pisang Epe’ yang kita stop penjualannya, tetapi masih ada kafe besar seperti Holiwyngs yang masih tetap buka, sampai melanggar batas ketentuan operasional malam,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, pada Kamis dini hari (14/1/2021),  THM Holywings Club kedapatan  beroperasi oleh aparat Kepolisian dari Polrestabes Makassar.  Akibatnya, aktivitas di THM itu langsung dibubarkan oleh pihak kepolisian karena telah melewati  jam operasional malam yang telah ditetapkan pemerintah kota hingga pukul 22.00 WITA.

Adapun aturan pemerintah kota Makassar yang diduga dilanggar Holywings Club yakni surat

edaran penjabat Wali Kota, Rudy Djamaluddin yang berbunyi bahwa seluruh pelaku usaha  harus menutup usahanya pukul 22.00 WITA. Kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 443.01/11/S.Edar/Kesbangpol/I/2021.

Surat edaran tersebut dibuat berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 01 Tahun 2021 tanggal 06 Januari 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Untuk Pengendalian Penyebaran COVID-19 dan Peraturan Wali Kota Makassar Nomor 51 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penerapan Humum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.(*)

 

Reporter: Akbar

Editor: M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *