BNNP Sulsel Musnahkan Ribuan Pil Ekstasi, Berhasil Selamatkan 7.925 Jiwa

  • Whatsapp
Proses pemusnahan barang bukti sitaan jenis narkotika menggunakan mobil pemusnah milik BNNP Sulsel

MAKASSAR – Badan Narkotika Nasional  Provinsi Sulawesi Selatan (BNNP Sulsel) kembali memusnahkan barang bukti narkotika hasil sitaan berupa   pil ekstasi, ratusan gram sabu dan ganja. Kegiatan pemusnahan itu berlangsung di kantor BNNP Sulsel, Jalan Manunggal, Kota Makassar, Kamis (14/1/2021).

Dalam proses pemusnahan turut disaksikan  perwakilan masing-masing institusi, antaranya dari Polrestabes Makassar, Bea dan Cukai Makassar serta Kejaksaan Negeri Makassar.

Bacaan Lainnya

Kepala BNNP Sulsel, Brigjen Pol Ghiri Prawijaya mengatakan barang bukti sitaan yang dimusnahkan  dari  pelaku yang diamankan pada tahun 2020 lalu. “Barang bukti yang kita musnahkan, narkotika jenis sabu sebanyak 897 gram, pil ekstasi 1.450 butir dan ganja dua kilogram,” kata Ghiri kepada awak media.

Dia menyebutkan sejumlah barang bukti yang diamankan tersebut,  berasal dari  Medan dan Jakarta dikirim melalui jasa pengiriman barang. “Barangnya dari Medan dan Jakarta, dikirim melalui jasa pengiriman, mereka yang kita amankan ini masih tangan pertama dan rencananya akan diedarkan di Sulsel,” ungkapnya.

Brigjen Pol Ghiri mengklaim dari pemusnahan barang haram tersebut,  BNNP Sulsel, berhasil menyelamatkan sedikitnya 7.925 jiwa dari bahaya penyalahgunaan narkotika.

“Kita masih terus berusaha mencegah terkait peredaran narkoba. Dengan asumsinya satu butir narkotika Ekstasi digunakan oleh satu orang, 1 gram sabu digunakan oleh lima  orang, dan 1 gram ganja digunakan oleh satu orang, Semua barang bukti tersebut telah mendapatkan ketetapan status barang sitaan dari Kejaksaan Negeri Makassar untuk dimusnahkan,” sebutnya.

Selain itu dirinya pula menyebutkan, BNNP
Sulsel telah berhasil menyelamatkan kerugian negara sebesar Rp 2.265.500.000 dari hasil bisnis kejahatan itu.

“Asumsinya itu 1 butir ekstasi seharga Rp 500.000 dan 1 gram sabu seharga Rp 1.500.000, serta 1 gram Ganja  seharga Rp 100.000, ” imbuhnya.

Adapun  pelaku yang diamankan, sebagian besar berperan sebagai kurir, masing-masing adalah AM (33), AF (25), HB (21), YSM (22), JR (22) dan seorang perempuan berinsial KTK (21). Khusus untuk pelaku AR (27), berperan sebagai pemilik dari sebagian besar barang bukti ganja yang diamankan dan dimusnahkan.

Seluruh tersangka pun kini masih ditahan di Kantor BNNP Sulsel untuk menjalani proses hukum lanjutan. Mereka dijerat dengan Pasal 112, 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Mereka terancam kurungan penjara mininal 4 tahun.(*)

Reporter: Akbar
Editor : M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *