Gubernur Sulsel Bersama Pangdam dan Kapolda Akan Meninjau Lokasi Gempa di Sulbar

  • Whatsapp
Dua unit mobil ditimpah rumah yang ambruk pasca gempa di Mejene (foto: tangkapan layar dari sebuah video)

MAKASSAR – Pasca gempa bermagnitudo 6,2 yang mengguncang Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) dan sekitarnya, Jumat dini hari (15/1/2021), Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah berencana akan melakukan peninjauan ke lokasi gempa bersama Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Sumangerukka dan Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam.

“InsyaAllah kita akan bersama-sama menyelesaikan persoalan yang ada di Sulbar. Saya  Pangdam dan Pak Kapolda untuk Sulbar akan melihat apa kira-kira yang bisa kita bantu,” kata Nurdin Abdullah.

Bacaan Lainnya

Dia mengaku, pihaknya telah mengirim sejumlah bantuan kepada korban gempa di Majene dan sekitarnya. Pengiriman bantuan dilakukan melalui jalur laut, sebab akses darat tidak memungkinkan untuk menjangkau lokasi gempa.

Warga yang tertimpa reruntuhan bangunan berusaha diselamatkan

“Danlantamal (Lantamal VI Makassar) tadi sudah koordinasi untuk mengirim armada karena jalanan terputus. Saya sudah kirim sembako di kapal,” bebernya.

Atas peristiwa bencana alam yang melanda tetangga provinsi Sulsel ini, Nurdin Abdullah turut berharap pemerintah di Sulbar serta warganya dapat diberi kekuatan untuk menghadapi musibah itu.

“Kita tentu prihatin atas kejadian gempa bumi yang terjadi di Sulbar. Mudah-mudahan pemerintah, Gubernur dan jajarannya di sana diberi kekuatan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita semua,” harapnya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu sudah menginstruksikan pengecekan soal jaringan dan berkoordinasi dengan pihak PLN untuk membenahi listrik. “BPBD Sulsel juga sekarang kita persiapkan. Makanya kita mau ke sana mau mengecek apa kebutuhan yang mendesak, apa yang kira-kira bisa kota support,” imbuhnya.

Rumah rata dengan tanah yang diakibatkan gempa bumi

Korban Jiwa

Sementara itu, dari informasi yang diperoleh, hingga saat ini sudah 27 orang dikabarkan meninggal dunia akibat gempa di Majene. Serta sekitar 637 orang mengalami luka – luka.

Sejumlah gedung milik pemerintah juga dikabarkan rusak parah, salah satunya kantor Gubernur Sulbar. Di mana kantor tersebut diinformasikan ambruk.

Tak hanya itu, gempa tersebut juga menyebabkan longsor pada tiga titik di sepanjang jalan poros penghubung Majene dan Mamuju, yang menyebabkan akses jalan terputus. Dari data yang diperoleh, sudah ada 15 ribu warga yang mengungsi.(*)

 

Reporter: Akbar

Editor : M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *