DPRD Makassar Akan Gelar Paripurna Menyerahkan Salinan SK Penetapan dari KPU ke Gubernur

  • Whatsapp
KPU menyerahkan salinan SK penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota  ke DPRD Makassar untuk diteruskan ke Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. (Foto: ist)

MAKASSAR – Badan Musyawarah (Bamus) DPRD kota Makassar mengagendakan rapat paripurna penyerahan surat keputusan salinan penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Makassar  terpilih, Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto – Fatmawati Rusdi ke Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Kamis, 28 Januari 2020.

Di mana Bamus DPRD Makassar menyepakati penetapan jadwal paripurna  melalui  rapat yang digelar di ruang Badan Anggaran DPRD Makassar, Jl. Ap Pettarani.

Bacaan Lainnya

Rapat penentuan jadwal paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Koordinator Bamus DPRD Makassar Andi Suhada Sappaile dan dihadiri Anggota Bamus, Kasrudi, Irmawati Sila, Nasir Rurung, A. Astiah, Alhidayat Samsu, Muliati, dan Fasruddin Rusli.

Rapat Bamus ini digelar pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menyerahkan salinan hasil penetapan Wali kota dan Wakil Wali kota Makassar terpilih pada Pilkada Serentak 2020.

Berdasarkan aturan yang berlaku, pelaksanaan pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih paling tidak 14 hari setelah salinan SK Penetapan diserahkan ke Kemendagri melalui Gubernur.

Hal itu tertuang dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016, tepatnya  dalam pasal 160 A ayat 2 sampai 5, khususnya di ayat 4.

Akan tetapi, menurut Andi Suhada, jadwal pelantikan bisa saja bergeser. “Soal ditindaklanjuti atau ada kendala lain, kewenangan penetapan jadwal pelantikan Wali kota terpilih ada di tangan Kemendagri (kementerian dalam negeri),” katanya saat dikonfirmasi, Rabu (27/1/2021).

Diketahui rapat paripurna penetapan Wali kota dan wakil Wali kota Makassar terpilih ini bakal berlangsung di ruang Rapat Paripurna lantai 3 DPRD Makassar.(*)

 

Reporter : Akbar

Editor: M. Yanudin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *