Kejati Sulsel Tetapkan Tersangka dalam Kasus Kredit Fiktif Bank Sulselbar

  • Whatsapp

Makassar – Tim penyidik Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Pidsus Kejati Sulsel) akhirnya menetapkan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dan pencucian uang di lingkup Bank Sulselbar Cabang Utama Kabupaten Bulukumba senilai Rp25 miliar.

Tersangka diketahui berinisial MIRR selaku account officer Di Bank Sulselbar Makassar, ia ditetapkan tersangka oleh penyidik Kejati Sulsel setelah dilakukan pemeriksaan dan terbukti melakukan dugaan tindak pidana korupsi.

“Pada hari ini, penyidik menetapkan satu orang tersangka dalam kasus Dugaan tindak pidana korupsi dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) terkait Pemberian Kredit Usaha Mandiri (KUM) dan Kredit Usaha Lainnya (KUL) secara fiktif oleh Bank Sulselbar Cabang Utama Bulukumba itu dari Tahun 2016 hingga 2021,” kata Kepala Seksi Bidang Intelijen Kejati Sulsel, Y Gatot Iriyanto kepada awak media, Kamis (8/4/2021).

Kata dia, tersangka MIRR terbukti melakukan pemalsuan dokumen – dokumen secara fiktif sebanyak 106 dengan total nilai pagu sebesar Rp25 miliar.

“Total saksi yang kita periksa sebanyak 30 orang, akibat kejadian ini Negara mengalami kerugian sebesar Rp25 Miliar, modusnya dia memalsukan dokumen pengkreditan,” tutur Gatot.

Sementara, Kepala Seksi Penyidikan Kejati Sulsel, Andi Faik mengatakan, tidak menutup kemungkinan adanya tersangka baru dalam kasus tersebut, karena masih akan dilakukan pemeriksaan kembali terhadap tersangka.

“Kita masih tetap melakukan pemeriksaan, kita masih mendalami kembali,” sebutnya.

Diketahui, usai ditetapkan sebagai tersangka MIRR kemudian dibawa menuju Lapas Kelas 1A Makassar untuk dilakukan penahanan selama 20 hari ke depan.(*)

 

Reporter : akbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *