Sebanyak 19 Legislator DPRD Sulsel Belum Laporkan Harta Kekayaannya, Siapa Saja?

  • Whatsapp

Makassar – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan sebanyak 19 anggota legislator DPRD Sulsel belum melaporkan harta kekayaan. Hanya saja KPK tidak merinci siapa saja wakil rakyat level provinsi tersebut yang tidak menyetor  Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Tim Korsubgah KPK-RI, Tri Budi Rochmanto menilai, bahwa Pemerintah Provinsi Sulsel lebih patuh ketimbang DPRD Sulsel. “DPRD Sulsel baru 81 persen yang melaporkan LHKPN, kalah dengan Pemprov Sulsel yang sudah 100 persen,” kata Tim Tri Budi Rochmanto, seusai rapat Konsultasi Pencegahan Korupsi dengan jajaran anggota DPRD Sulsel di ruang paripurna, Rabu (7/4/2021).

Menurut Rochmanto, dari 85 anggota DPRD Sulsel, terhitung baru 66 legislator yang telah melaporkan LHKPN sesuai batas waktu yang telah diberikan 31 Maret 2021 lalu. Meski tak memiliki konsekuensi hukum, kata Rochmanto, LHKPN merupakan akuntabilitas selaku penyelenggara negara yang patuh.

“Maksudnya ini bagian dari transparansi saja bahwa ini akuntabilitas selaku penyelenggara negara harus dijaga, ini salah satu dari pelaporan itu,” ungkapnya.

Dia pun berharap 19 anggota DPRD Sulsel yang belum menyetor LHKPN, untuk segera melaporkan harta kekayaannya. “Ini juga harus menjadi perhatian juga bagi partainya, kemudian DPRD juga karena merupakan citra bagi masing-masing anggota DPRD,” kata Tri Budi.

Meski demikian, Rochmanto tidak membeberkan nama-nama dan dari partai mana saja legislator Sulsel tersebut yang belum melaporkan LHKPN. Dia mengaku akan membangun koordinasi lebih lanjut kepada pihak Sekretariat DPRD Sulsel untuk mengingatkan para anggota dewan melaporkan harta kekayaannya.

“Jadi harapannya itu sesegera mungkin jadi nanti kami sampaikan kepada Sekretariat, meminta bantuan untuk yang belum lapor agar segera,” imbuhnya.(*)

 

reporter : akbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *