Pemberitaan Diduga Tidak Sesuai Fakta Saat PPKM Mikro di Gowa, KPID Sulsel Beri Sanksi MNC TV

  • Whatsapp

Makassar – Menyoal pemberitaan MNC TV yang diduga tidak sesuai fakta lapangan atau bernuansa hoaks saat razia pengetatan pembatasan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro di salah satu kafe di Panciro, Kecamatan Bajeng, belum lama ini.

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Sulawesi Selatan (KPID Sulsel) memutuskan untuk memberikan sanksi terhadap MNC TV atas pemberitaan “Ricuh Razia PPKM Cafe di Gowa” dalam Program Siaran Bergenre News yang tayang pukul 12.00 WITA.

Siaran MNC TV tersebut diduga kedapatan melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012 .

Dikutip dari website KPID Sulsel, kpid-sulsel.go.id,
dalam surat teguran yang dilayangkan ke MNC TV pada Jumat (16/7/2021). Tayangan MNC TV tersebut diduga telah mengabaikan dua pasal dalam P3SPS KPI Tahun 2012.

Baca Juga :  Kabar Baik, Pemprov Sulsel Izinkan Keluarga Korban Covid-19 untuk Ziarah ke Pekuburan Macanda

Adapun bentuk pelanggaran pemberitaan MNC TV tidak sesuai dengan fakta lapangan dan diduga telah melanggar pasal 22 dan Pasal 40 P3SPS, tentang prinsip – prinsip jurnalistik.

Melalui situs KPID Sulsel, pihak MNC TV telah meminta maaf dan mengakui kesalahan. Dengan ini pihak MNC telah menjatuhkan hukuman secara internal kepada Reporter yang bertugas peliputan PPKM Mikro di Gowa, Rabu malam (14/7/2021).

KPID Sulsel menyesalkan kejadian seperti ini dan berharap tidak terulang lagi pada MNC TV maupun lembaga penyiaran lainnya. (*)

 

Reporter : Akbar

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *